Rabu, 24 Oktober 2012

TAMAN PERANCIS ( France Gardens)




Sistem Taman Perancis

Spesifikasi
Taman Perancis
Balances
Formal
Elemen Air
Elemen air untuk menjadikan ketenaran dan sebagai focal point
Geometrical
Geometris
Human Made
Dibuat secara beraturan
Focal Point
Kolam, Air Mancur (kolam atau telaga)
Main Idea
Taman Perancis menunjukkan penguasaan manusia atas Alam
Elemen Tanaman
Tanaman yang digunakan tanaman (hutan/kelompok tanaman). Pohon yang digunakan yaitu pohon cemara yang berhadapan kiri dan kanan
Places
Istana Kerajaan dan Taman Kebangsaan (Formal)
Animals
Tidak terdapat hewan satwa di sekitar taman
Function
Penguasaan manusia atas alam dan mencapai puncak ketenarannya
Sifat
Statis
Comparison of Design present
Architectural, artificial, formal, salon
  
Manusia sebagai master dalam memanfaatkan/menguasai alam
Pola
Klasik
Geometri
Simetrik
Luas
luas (granduer), harmonis
Element Utama
air (kolam, air mancur), tanaman (parterre, hutan/kelompok tanaman), patung

Sejarah Taman Perancis

Pada abad ke 17 didaratan Eropa terbentuk suatu tren taman yang tidak mengedepankan bunga sebagai unsur utamanya. Banyak taman yang mengedepankan kerapihan, keserasian dan keseimbangan bentuk. Desain taman Perancis merupakan desain masa Renaissance dengan bentuk - bentuk geometrisnya. Perdu Taiwan Beauty yang dipangkas rapi membingkai bunga warna - warni ini disebut parterre yang berasal dari frase bahasa Perancis, yaitu broderie de par terre atau sulaman diatas tanah. 

Gaya taman seperti ini mencapai puncak ketenarannya pada masa kekuasaan Kaisar Louis XIV di abad ke-17. Jenis tanaman hanyalah merupakan unsur kedua setelah penentuan bentuk/desain taman. Taman ini diciptakan untuk melambangkan penguasaan manusia terhadap alam.

Keindahan Taman Perancis dapat Anda nikmati dari dekat maupun dari kejauhan Untuk melihat bentuk-bentuk geometrisnya secara keseluruhan.



salah satu bangunan istana di perancis yang dipenuhi oleh Taman



Taman Prancis

Jenis taman ini memiliki bentuk pola yang geometris. Elemen utamanya adalah: air (kolam&telaga) & tanaman (hutan/kelompok tanaman). Pohon yang bisa digunakan adalah cemara yang dibuat berhadapan di sebelah kiri dan kanan




TAMAN MAWAR


Taman Mawar Val-de-Marne diciptakan oleh Jules Gravereaux pada tahun 1844 - 1916 di l'Hay, sebuah kota kecil di pinggiran selatan Kota paris, yang pada saat itu, akan diberi nama L'Hay-les-Roses pada tahun 1914, yang dikarenakan nama itu sudah sangat dikenal pada waktu itu dan puncak penghargaan kota.

Pengusaha ini telah mengoleksi ratusan varietas bunga mawar yang berbeda pada tahun 1894. Dia akhirnya meminta arsitek terkenal Edouard André pada tahun 1840 - 1911 untuk menambah koleksinya dan menciptakan sebuah taman yang sepenuhnya mengarah pada "Ratu Bunga". Hal itu telah melahirkan gaya baru sebuah seni taman dimana mawar adalah elemen unik dari sebuah tanaman yang dekoratif : taman mawar.

Taman itu diakuisisi pada tahun 1936 oleh Departemen Seine, kemudian dipindahkan pada tahun 1968 di Val-de-Marne. Lalu kemudian taman itu dinamai ulang dengan nama "Roseraie du Val-de-Marne" pada tahun 1994.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar